AQUA Kebaikan Alam Kebaikan Hidup

AQUA Kebaikan Alam Kebaikan Hidup

    Sulitnya air besih saat ini tidak hanya dialami penduduk perkotaan saja, saya sebagai penduduk asli kuningan yang biasa merasakan derasnya air yang mengalir ke bak mandi hingga kolam ikan mengalami juga sulitnya mendapatkan air. Jadi ingat masa kecil hidup di Cijoho - Kuningan. Berlimpah air dari mata air gunung Ciremai bahkan keran air di bak mandi pun tak pernah ditutup hingga air nya melupap mengalir untuk mengisi kolam ikan dibelakangnya. tak hanya saya memiliki kolam ikan yang penuh dengan air namun tetangga sekitar pun rata rata memiliki kolam ikan yang berlimpah air.

Tapi itu dulu. sekarang kami seolah berlomba mendapatkan air untuk mengisi kolam ikan kami yang kering kerontang. saya memiliki kolam ikan 6 buah namun kini hanya terisi 2 buah kolam ikan. 4 sisanya dibiarkan kosong karena air yang didapat tidak cukup untuk mengisi semua kolam ikan. bahkan tak jarang mendapatkan air yang bau dan meracuni ikan didalam kolam. Rasanya miris melihat ikan yang dipelihara 8 tahun ini harus mati karena keracunan air. Mengganti air? air yang penuh limbah saja susah didapat apalagi mendapatkan air bersih. Masa krisis itu cukup menguras kantong kami. bayangkan saja demi mendapatkan air yang bersih untuk ikan dikolam akhirnya kami menggunakan air PDAM untuk mengisi kolam ikan. jangan tanya berapa tagihan PDAM kami untuk perbulannya.
sebulan dua bulan berjalan kami mendapatkan stuk tagihan PDAM yang membengkak akhirnya kami harus memikirkan solusi bagaimana mendapatkan air bersih.

Curah hujan dikuningan cukup tinggi namun air tidak mengalir sama sekali terkadang PDAM juga ikutan mati. ada apa sebenarnya?
akhirnya saya mencoba melihat pipa untuk saluran air ke kolam ikan ternyata pipanya hanyut terbawa arus sampah. iya, sampah bukan air. hujan membawa arus sampah penduduk yang dibuang seenaknya itu ke hilir. inilah air tidak bisa mengendap dibawah tanah.miris melihatnya.
saya melihat sampah yang melimpah di sepanjang sungai citamba. sama juga dengan sungai sungai lainnya di beberapa tempat.

Pagi tadi saya berbincang dengan tetangga saya yang baru saja membuang sampah di sungai.
Me : mau kemana bu
TT:  Buang sampah ka hawangan

Pulang dari buang sampah
TT: deuh sampahna geus loba kalah bau . . hiks
Me: makannya bu jangan buang sampah ka hawangan
TT: diam tertunduk malu dan besoknya buang sampah lagi ke kali#kudukumaha

Please deh ibu Bupati yang cantik revitalisasi dunk sungai di kuningan jangan biarin masyarakat buang sampah sembarangan. #jeritanhatirakyat


Dari situ saya mulai berpikir untuk mendapatkan air selain dari sungai. Please deh teman bukannya saya kurang mengedukasi masyarakat sekitar buat tidak buang sampah ke sungai. Sudah berkali kali mulai dari berbicara baik baik, menyindir bahkan  terjun langsung ke sungai buangin sampah yang disungai. Terus apa yang mereka bilang. " Ngabala bae. Sampahna piceun deui ka hawangan (Berantakin aja sampahnya buang lagi kesungai). dan saya nyerah. butuh bala bantuan buat kampanyein ini kalau sendirian saya dikeroyokin terus kayak gini neh. sebelum bala bantuan datang saya sudah harus mikirin bagaimana nasibnya ikan ikan saya di kolam.

Karena Air Hujan cukup tinggi saya akhirnya memutuskan untuk bagaimana agar air hujan bisa menjadi air tanah. Agar mengendap ke tanah. pertama menanam rumput gajah. yang akhirnya sukses buat buang hajat para kucing tetangga * hiks siapa sih yang bilang kucing tidak doyan rumput gajah?
langkah kedua adalah membuat pipa pipa yang di tanam di dalam tanah sehingga air hujan langsung mengalir ke kolam ikan
Langkah ketiga sih udah dilakukan. menanam banyak pohon tentunya


Air besih semakin langka sudah saatnya kita menjaga air. dan sedapat mungkin bisa menampung air hujan untuk kita manfaatkan dengan baik.

Btw Saya tinggal di keluruhan sawahwaru. kenapa dinamakan  sawahwaru karena dulu tempat ini adalah sebuah hutan yang ditanami pohon waru lalu pohon pohon waru itu ditebang untuk dibuat sawah dan pada perkembangannya sawahnya tidak lagi untuk menanam padi namun dijadikan perumahan yang sekarang semakin padat.

Air sangat banyak ketika ada hutan tapi setelah adanya penebangan pohon untuk membuat rumah rumah penduduk air itu menghilang entah kemana. Ah bukan hilang tepatnya. Air bukannya mengalir  dari hulu ke hilir ketika tidak ada saluran untuk menampung air dari hulu maka air itu hanya akan numpang lewat saja. dan tampungan yang sangat baik agar air tidak segera pergi ke hilir adalah pohon bambu, pohon waru, pohon pinus dan pepohonan yang lain


Tahukah anda bahwa tanaman bambu menghasilkan 35% lebih banyak oksigen daripada tanaman lain sedangkan jika ditanam lebih banyak saja sekitar 1 hektar Tanaman ini bisa menyerap  12 ton karbondioksida dari udara atau mampu menyerap 4 kali lipat lebih banyak karbondioksida daripada pohon lainnya.
“Diindia ditanam seluas 106 ha dan dalam waktu 4 tahun saja lahan yang kering kerontang  meningkat permukaan air bawah tanah sebesar 6.3 meter dan seluruh areal penanaman menghijau serta memberikan pekerjaan kepada sekitar 80% penduduk setempat melalui industri kerajinan bambu. Dalam di daerah tandus lainnya membuktikan tanaman bambu mampu  memunculkan mata air - mata air baru.

    Beijing pun menanam pohon bambu ini sehingga bisa  menambah 240% air bawah tanah lebih besar dibandingkan penanaman pinus. Kolombia.menanam pohon bambu dan dapaat menyerap air hujan hingga 90% jauh lebih tinggi dibanding rata rata pepohonan lain yang hanya menyerap 35-40% air hujan yang diterimanya.
           

Seperti aqua yang selalu menyajikan air yang jernih dari air pegunungan. Aqua juga ikut melestarikan alam agar air bawah tanah selalu ada. diantaranya membuat sumur resapan, program go green,sumur bor untuk penduduk atau untuk para petani sekitar

Oh ya berbicara air berbicara tentang kebaikan hidup. Kita butuh air dan kebutuhan tubuh kita 80% nya  air karena otak kita butuh air. tubuh, jantung hingga hati kita. 8 gelas air setiap hari minimal kita habiskan. untuk itulah butuh air bersih. Berbicara menampung air hujan dengan menanam pohon bambu dan meningkatkan air didalam tanah maka kita berbicara tentang air bersih. bagaimana air tanah itu bisa kita konsumsi. tidak bau dan tidak beracun.

Kita bisa buat saringan sederhana dari cadas, tanah liat, bambu dan arang aktif neh cara pemasangannya







Skema saringan air sederhana


  Memang sih awalnya kurang jernih tapi lama kelamaan bisa jernih juga. jadi air hujan, air bekas cucian dan air limbah bisa disaring menjadi air bersih. semua ini dilakukan karena langkanya air bersih.



Akses untuk mendapatkan air bersih sangat penting untuk anak-anak agar mereka mampu bertahan hidup dan berhasil mengembangkan kemampuan untuk belajar, meraih sesuatu, dan berkembang dengan baik.”
– Clarissa Brocklehurst, Kepala Proyek Sanitasi dan Higienis (WASH), The UNICEF Water.

Apakah air bersih itu ? Air bersih itu air yang menyehatkan air bersih yang tidak menimbulkan diare atau penyakit perut lainnya. Jadi, air ‘manual’ yang dididihkan di rumah bisa tergategorikan dalam air yang sehat untuk diminum. Sebab telah melalui proses perebusan sampai mendidih.





 http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=AjxAKvlJVOg

Oh ya bulan Ramadhan kemarin saya juga mengunjungi pabrik aqua di Klaten bersama teman teman blogger dalam acara NgaBLOGburit bersama AQUA dan Blog Detik...ih foto saya nyempil pake krudung ijo. :(


Disana kita membahas tentang Aqua. sebelumnya saya mau berkisah tentang sejarah Aqua dulu neh

 Aqua sebagai trademark Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)  mempunyai sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Aqua menjadi pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia sejak tahun 1973.
Tirto Utomo sebagai pendiri usaha air minum dalam kemasan warga asli Wonosobo ini  awalnya karyawan dari pertamina dan petronas. Latar Belakang penjualan Air Minum Dalam Kemasan ini ketika Bapak Tirto Utomo menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. saat itu salah satu istri ketua delegasi yang dijamu mengalami diare yang diakibatkan dari minuman yang disajikan  tidak bersih. Mereka tidak biasa minum dengan air yang direbus namun menggunakan air minum yang telah distrerilkan.



Sedangkan air minum dalam kemasan, harus memenuhi standar nasional Indonesia (SNI). Yang tentu saja juga harus diolah sedemikian rupa sehingga air minum tersebut layak untuk diminum. Pengolahan air minum dalam kemasan ini pun juga harus menggunakan beberapa bahan kimia sebagai upaya untuk penjernihan dan penghilangan bau. Belum lagi proses kaporitasi, ozonisasi serta penyinaran ultra violet untuk menghilangkan parasit tertentu.


Apa kelebihan dari Air yang direbus dengan air dalam kemasan ?
Ada kandungan mineral yang cukup tinggi yang tidak ada di air yang kita rebus dirumah. itulah penjelasan kenapa kita sebaiknya memilih AQUA untuk konsumsi minuman harian kita. kita butuh banyak mineral loh dalam konsumsi minuman kita.

Dalam acara tersebut juga dielaskan bahwa Proses pembuatan air minumnya menggunakan alat/mesin seluruhnya sehingga tidak terkontaminasi oleh tangan manusia. Peserta Blogburit Aqua meninjau langsung pabriknya. sayangnya karena saya bawa bocil tidak bisa melihat langsung. Makannya higienis banget tak tersentuh tangan jadi tidak mungkin minum AQUA bikin diare khan .
Naik Bus Bareng temen Blogger
 Banyak juga loh Aqua dalam program pengabdian masyarakatnya. termasuk salahsatunya program penangkaran dan pengembangbiakan burung hantu di kampung karanglo.

- See more at: http://bisniskaos.com/2010/02/19/air-mineral-aqua-dan-kesehatan-kita/#sthash.knV7Q3XN.dpuf


Dari acara Ngablogburit juga saya jadi tahu bahwa aqua mengambil air dari air bawah tanah sehingga tidak menggagagu kelestarian alam sekitar. Setiap tetes airnya mengandung kebaikan alam untuk kebaikan hidup yang lebih sehat. Minum Aqua minimal 8 gelas setiap hari maka kita merasakan kebaikan alam kepada diri kita. perlakukan air dengan baik untuk hidup yang jauh lebih baik.



Tahukah Anda Aqua dari klaten dan Aqua Pandayan bahkan Aqua diseluruh Indonesia memiliki rasa karakter air yang berbeda ?
Iya saya memang merasakan ketika minum aqua di jogja berbeda rasannya dengan aqua yang biasa saya konsumsi di Kuningan Jawa Barat. ternyata memang kandungan mineral yang ada di gunung berapinya yang berbeda membuat rasa Aqua berbeda juga (Dugaan sementara, Benarkah Produk Aqua dipalsukan ? ternyata tidak terbukti kawan.

Kawan, jangan lupa bumi kita semakin tua atmosfir kita semakin tipis. jadi ikut dalam Go green menjaga kelestarian alam dan menjaga air bersih adalah bentuk kita mencintai alam. Alam telah memberikan yang terbaik untuk kita sudah saatnya kita ikut menjaga kelestarian alam raya Indonesia tercinta.
Yuk mulai sekarang memilih sampah untuk bisa di daur ulang menjadi sesuatu. Inget loh kawan. alam memproses sampah plastik yang kita buang puluhan tahun. Bantu alam untuk mengurangi sampah plastik yuk.
- See more at: http://bisniskaos.com/2010/02/19/air-mineral-aqua-dan-kesehatan-kita/#sthash.knV7Q3XN.dpuf

Jadi jangan ditertawakan kalau saya ke pasar tradisional membawa ransel besar agar tidak menambah sampah plastik. Kalau kamu. apa yang kamu lakukan untuk kebaikan alam ?


Dikutsertakan dalamlomba blog AQUA




0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di Rumah Nayma

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda