Penyebab Dehidrasi Akut saat puasa dan pencegahannya.

Penyebab Dehidrasi Akut saat puasa dan pencegahannya.

Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan. Bulan yang dinanti umat islam sedunia. Bulan yang dimana umat islam sedunia menjalankan puasa sebulan penuh dari terbit matahari dan terbenam matahari.
Berbicara puasa maka bersinggungan dengan buka puasa dan sahur. Di Indonesia umumnya umat islam menjalankan ibadah puasa selama 14 jam. berbeda di belahan bumi lain yang waktu siangnya lebih lama dengan waktu malam.
Pengalaman berpuasa luar biasa ini dialami Ari teman saya yang sedang menempuh karier pendidikannya di Jerman. Ia harus menjalankan ibadah puasa selama lebih dari 20 jam. Jenny yang bersekolah di London pun mengalami waktu berpuasa yang cukup lama. 14 Jam berpuasa ditanah air semestinya bukan tantangan yang berat di bandingkan waktu berpuasa teman-teman saya yang bersekolah  di luar negeri. Mereka tetap semangat menjalankan puasa, beribadan tarawih dan ibadah sunah malamnya. Waktu yang singkat  membuat mereka menjadi muslimah tangguh.
Berbicara dari chatt di facebook. saya merasa tertampar ketika mereka harus disiplin dengan waktu imsak. mereka memiliki waktu buka dan waktu imsak yang sangat singkat. Bayangkan jika kita berleha leha diwaktu buka dengan makan banyak dan selanjutnya mengantuk?  apa yang terjadi?
mudah ditebak, kita akan mengantuk dan tertidur dan waktu imsak yang terlewatkan. Bukan masalah tidak sempat sahur yang menjadi kerugian besar. Umumnya kami terbiasa makan sehari sekali saat kos di Jogja dulu. Tapi waktu tarawih yang terlewat sungguh kerugian besar. Seperti yang kita tahu bahwa shalat tarawih hanya ada di bulan ramadhan. rasanya kurang sempurna saja berpuasa seharian penuh jika tidak shalat tarawih dimalam harinya.


Perbincangan kami hingga membahas kepada Pola puasa Rasulullah Saw. Bukankah tanah arab cukup panas. Kami sepakat. saat berpuasa itu godaan terbesar bukan hanya lapar namun dahaga. wajarlah bukankah 70 persen tubuh kita memang mengandung air? Sehingga bila kita kekurangan air maka mekanisme tubuh kita kurang bekerja dengan optimal.


bagian Bagian tubuh yang membutuhkan cairan







Allah berfirman dalam Al Qur’an surat Al A’raf ayat 31:

“Hai anak Adam, kenakan pakaianmu yang indah disetiap memasuki masjid, makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya allah tidak menyukai orang-orang yang belebih-lebihan.”

Hal senada dapat ditemukan di surat Al Baqarah 168:

“Hai sekalian manusia makan-makanlah yang halal lagi baik dariapa yang terdapatdi bumi dan jangan kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena syaitan musuh yang nyata bagimu.”

Sesungguhnya pangkal penyakit kebanyakan bersumber dari makanan. Maka tak heran bila Rasulullah memberi perhatian besar dalam masalah ini.

Prinsip pertama makanan dan minuman harus halal dan thoyib (baik). Maksudnya selain masuk kategori halal, maka makanan dan minuman kaum muslimin harus bersih dan mengandung kandungan gizi yang cukup.

Prinsip kedua seimbang, sederhana dan tak berlebihan. Rasulullah mengajarkan untuk makan tidak terlalu kenyang. Lambung cukup di isis dengan 1/3 makanan. 2/3nya untuk minuman dan udara. Rasulullah bersaba: “Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Rasulullah melarang untuk makan lagi sesudah kenyang. “Kami adalah kaum yang tidak makan sebelummerasa lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan”(HR Bukhari Musim).

Suatu hari, di masa setelah wafatnya Rasulullah, para sahabat mengunjungi Aisyah ra. Waktu itu daulah islamiyah sudah sedemikian luas dan makmur. Lalu, sambil menunggu Aisyah ra, para sahabat, yang sudah menjadi orang-orang kaya, saling bercerita tentang menu makanan mereka yang meningkat dan bermacam-macam. Aisyah ra, yang mendengar hal itu tiba-tiba menangis. “Apa yang membuatmu menangis, wahai Bunda?” tanya para sahabat. Aisyah ra lalu menjawab, “Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti.” Dan penelitian membuktikan bahwa berkumpulnya berjenis-jenis makanan dalam perut telah melahirkan bermacam-macam penyakit. Maka sebaiknya jangan gampang tergoda untuk makan lagi, kalau sudah yakin bahwa Anda sudah kenyang.
Salah satu makanan kegemaran Rasul adalah madu. Beliau biasa meminum madu yang dicampur air untuk membersihan air liur dan pencernaan. Rasul bersabda, “Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Alquran” (HR. Ibnu Majah dan Hakim).Yang selanjutnya, Rasulullah tidak makan dua jenis makanan panas atau dua jenis makanan yang dingin secara bersamaan. Beliau juga tidak makan ikan dan daging dalam satu waktu dan juga tidak langsung tidur setelah makan malam, karena tidak baik bagi jantung. Beliau juga meminimalisir dalam mengonsumsi daging, sebab terlalu banyak daging akan berakibat buruk pada persendian dan ginjal. Pesan Umar ra, “Jangan kau jadikan perutmu sebagai kuburan bagi hewan-hewan ternak!”
Menu harian Rasulullah adalah sbb:
Lepas dari subuh, Rasulullah membuka menu sarapannya dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli. Khasiatnya luar biasa. Dalam Al qur’an, kata “syifa”/kesembuhan, yang dihasilkan oleh madu, diungkapkan dengan isim nakiroh, yang berarti umum, menyeluruh. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus, menyembuhkan sembelit, wasir, peradangan, serta menyembuhkan luka bakar.
Masuk waktu dluha, Rasulullah selalu makan tujuh butir kurma “ajwa”/matang. Sabda beliau, barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun. Dan ini terbukti ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah dalam sebuah percobaan pembunuhan di perang khaibar, racun yang tertelan oleh beliau kemudian bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Bisyir ibnu al Barra’, salah seorang sahabat yang ikut makan racun tersebut, akhirnya meninggal. Tetapi Rasulullah selamat. Apa rahasianya? Tujuh butir kurma!
Dalam sebuah penelitian di Mesir, penyakit kanker ternyata tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya banyak mengonsumsi kurma karena kurma memiliki zat-zat yang bisa mematikan sel-sel kanker. Maka tidak perlu heran kalau Allah menyuruh Maryam ra, untuk makan kurma di saat kehamilannya sebab bagus untuk kesehatan janin.
Dahulu, Rasulullah selalu berbuka puasa dengan segelas susu dan kurma, kemudian sholat maghrib. Kedua jenis makanan itu kaya dengan glukosa, sehingga langsung menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa. Glukosa itu sudah cukup mengenyangkan, sehingga setelah sholat maghrib, tidak akan berlebihan apabila bermaksud untuk makan lagi.
Menjelang sore hari, menu Rasulullah selanjutnya adalah cuka dan minyak zaitun. Tentu saja bukan cuma cuka dan minyak zaitunnya saja, tetapi dikonsumsi dengan makanan pokok, seperti roti misalnya. Manfaatnya banyak sekali, diantaranya mencegah lemah tulang dan kepikunan di hari tua, melancarkan sembelit, menurunkan kolesterol, dan memperlancar pencernaan. Ia juga berfungsi untuk mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.
Ada kisah menarik sehubungan dengan buah tin dan zaitun, yang Allah bersumpah dengan keduanya. Dalam Al-quran, kata “at tin” hanya ada satu kali, sedangkan kata “az zaytun” diulang sampai tujuh kali. Seorang ahli kemudian melakukan penelitian, yang kesimpulannya, jika zat-zat yang terkandung dalam tin dan zaitun berkumpul dalam tubuh manusia dengan perbandingan 1:7, maka akan menghasilkan “ahsni taqwim”, atau tubuh yang sempurna, sebagaimana tercantum dalam surat at tin. Subhanallah!
Di malam hari, menu utama Rasulullah adalah sayur-sayuran. Beberapa riwayat mengatakan, beliau selalu mengonsumsi sana al makki dan sanut. Secara umum sayur-sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama, yaitu memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit.
Disamping menu wajib di atas, ada beberapa jenis makanan yang disukai Rasulullah tetapi beliau tidak rutin mengonsumsinya. Diantaranya tsarid, yaitu campuran antara roti dan daging dengan kuah air masak (kira-kira seperti bubur ayam). Beliau juga senang makan buah yaqthin atau labu manis, yang terbukti bisa mencegah penyakit gula. Kemudian beliau juga senang makan anggur dan hilbah.
Sekarang masuk pada tata cara mengonsumsinya. Ini tidak kalah pentingnya dengan pemilihan menu. Sebab setinggi apa pun gizinya, kalau pola konsumsinya tidak teratur, akan buruk juga akibatnya. Yang paling penting adalah menghindari isrof (berlebihan). Rasulullah bersabda, “Cukuplah bagi manusia untuk mengonsumsi beberapa suap makanan saja untuk menegakkan tulang sulbinya (rusuknya).”
Makanlah dengan sikap duduk yang baik yaitu tegap dan tidak menyandar, karena hal itu lebih baik bagi lambung, sehingga makanan akan turun dengan sempurna. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya aku tidak makan dengan bersandar.”Prinsip ketiga berpuasa. Sebulan dalam setahun, umat Islam diwajibkan bukan saja dengan mencapai ketaqwaan tetapi juga ksehatannya dapat terjaga.
“Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu” (HR Bukhari)

Puasa akan membawa kita pada kesehatan yang sangat luar biasa. Secara fisiologis, puasa sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh manusia. Saluran pencernaan manusia tempat menampung dan mencerna makanan, merupakan organ dalam yang terbesar dan terberat di dalam tubuh manusia. Sistem pencernaan tersebut tidak berhenti bekerja selama 24 jam dalam sehari. Banyak hasil penelitian modern yang memaparkan bahwa puasa sangat menyehatkan. Diantaranya, memberikan istirahat fisiologis menyeluruh bagi sistem pencernaan dan sistem syaraf pusat, menormalisasi metabolisme tubuh, menurunkan kadar gula darah, mengikis lipid “jahat” (cholesterol), detoksifikasi (membuang racun dari tubuh), dan lain sebagainya.

Selain itu, diajarkan juga kepada kita agar senantiasa berdo’a baik sebelum maupun sesudah makan.
Doa sebelum makan:

“Ya Allah, berkahilah untuk kami, pada apa yang telah Engkau rizkikan kepada kami, dan periharalah kami dari api neraka”(Al Hadist).

Doa sesudah makan:

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kami, serta menjadikan kami orang-orang muslim”(HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).


Dari keterangan diatas. maka sangat jelaslah bahwa tubuh hanya membutuhkan 1/3 untuk makanan , 1/3 untuk minuman dan 1/3 untuk kita bergerak. Lapar mengajarkan kita untuk rendah diri. Dahaga mengajarkan kita bagaimana berempati kepada orang lain.

#242  tips jitu menjalankan puasa. 

1/3 asupan minuman untuk tubuh berbeda saat sahur dan saat berbuka. saat berbuka dianjurkan untuk minum yang sedikit manis untuk mengembalikan tenaga yang terkuras saat berpuasa dan untuk sahur sebaiknya kita banyak minum air putih saat sahur. minum teh manis justru dapat menyerap makanan dengan cepat sehingga kita mudah mengantuk dan lapar setelah sahur. Bolehlah saya ambil jingle nya AQUA #242 .2 gelas minum air putih saat berbuka, 4 gelas setelah tarawih dan 2 gelas saat sahur.  #242 mensuplai 1/3 cairan didalam tubuh kita saat menjalankan ibadah puasa.

Pernahkah saat sahur kita tertidur lalu bangun perut sudah keroncongan kembali ?
 coba ingat kembali menu sahur kita apakah mengandung asupan gizi yang cukup? ada sayur kah di menu sahur kita ? dan anda minum apa ketika sahur?

coba anda makan nasi goreng dan minum teh manis ketika sahur. apa yang akan anda alami setelah adzan subuh?

Mengantuk dan setelah bangun dari tidur perut keroncongan khan?
itulah kenapa teh manis mudah menyerap zat makanan artinya makanan yang masuk kedalam perut kita terserap secara cepat oleh teh manis yang kita konsumsi. apalagi makannya nasi goreng  wah, perut tambah keroncongan.

Kenapa harus AQua untuk asupan gizi kita saat berpuasa? 


AQUA berasal dari sumber mata air yang terpilih dengan segala kemurnian dan kandungan mineral alami yang terpelihara. AQUA dikemas dengan proses higienis dalam beberapa ukuran kemasan botol plastik; 330 ml, 600 ml, 750 ml dan 1500 ml serta kemasan gelas plastik ukuran 240 ml dan kemasan galon 19 l untuk menunjang kegiatan yang dinamis agar terhindar dari dehidrasi.AQUA mempersembahkan masyarakat Indonesia segala kebaikan alam di setiap tetesnya.



Benarkah aqua mengandung fluroida yang membahayangak tubuh kita? 

Dari sini AQUA merupakan air mineral dengan sumber air yang berasal dari pegunungan vulkanik.  Dalam perjalanannya, air hujan yang jatuh di pegunungan dan terserap dalam lapisan tanah dalam, akan mengalami mineralisasi  secara alami. Karena itu, air diperkaya oleh mineral yang dikandung oleh batuan yang dilewatinya.  Salah satu jenis mineral alami tersebut adalah Fluorida.


Fluorida adalah salah satu zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh.  yang jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, bermanfaat untuk mencegah karies gigi dan berperan penting dalam pembentukan email gigi pada anak-anak,    Pemerintah,telah menetapkan batasan kandungan fluorida dalam air minum melalui Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum, yaitu tidak lebih dari 1,5 mg/l.   Batasan yang sama juga ditetapkan oleh World Health Organization (WHO, 2011) sebesar 1,5 mg/l.  Batasan yang lebih ketat bahkan ditetapkan dalam SNI 01-3553-2006 tentang Air Minum dalam Kemasan, dimana kandungan fluoride dalam air mineral tidak boleh melebihi 1 mg/l.


Berdasarkan pemantauan yang dilakukan secara berkala, kandungan fluorida dalam produk AQUA tidak lebih dari 0,5 mg/l, jauh di bawah batas yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan WHO. Selain itu sebagai produk yang telah mendapatkan sertifikat SNI, produk AQUA juga dipantau oleh Lembaga Sertifikasi Produk. Dengan demikian AQUA aman untuk dikonsumsi. 




AQUA itu sangat higienis. diproduksi tanpa tersentuh tangan manusia. jadi jika Ibu hamil, Ibu menyusui dan balita saja percaya minum AQUA, kenapa anda tidak?


Yakin, gak mau minum dulu ?






Ada AQUA?

Pengen  ikut tensin kayak iklan diatas? atau seperti meme di bawah ini ?

 Inilah Meme orang yang butuh AQUA





Bete dong. orang minta aqua malah dikirannya susu


Nanya apa jawab apa, ih si neng lupa minum aqua ya, hehe



Walau dalam satu perusahaan yang sama . kan bete minta Aqua dikasihnya Mizone.


Jadi gak usah mau kalau anda butuh Aqua. beli aja cuma 2000 kok di mall sampai di pasar tradisional juga ada. Di paris atau di prapatan ciamis ge aya. sok lah jangan malu malu. Gak harus haus aja minum Aqua. lagi butuh konsentrasi tinggi juga minum aja Aqua biar otaknya keisi ogsigen lagi.


Masih yakin, kamu minum kalau haus saja?  saya punya fakta terkait khasiat minum Aqua  loh

Aqua bagus untuk tubuh karena langsung diambil dari sumber mata air penggunungan berapi yang masih aktif dimana sumber mineral di daerah gunung api itu cukup tinggi dibandingkan sumber mata air ditempat lain. Proses pengemasan Aqua benar -benar higienis dengan menggunakan mesih yang canggih

Dalam air mineral di kemasan Aqua terdapat beberapa mineral asli yang terdiri dari kalsium, zat besi dan magnesium. Air mineral aqua tidak mengandung bahan tambahan, bahan kimia maupun bahan pengawet. Ini adalah salah satu keunggulan air mineral dibandingkan jenis air tanah yang dimasak dan dikonsumsi secara langsung. Selain itu pengembangan dan penelitian air mineral sudah dilakukan oleh para ahli sehingga sangat menyehatkan untuk tubuh.

Kenapa rasa Aqua dari berbagai daerah berbeda?


Aqua mengambil beberapa pegunungan berapi di pulau jawa. ada didaerah Jawa barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kandungan yang terdapat di air mineral setiap daerah juga berbeda sehingga mempengaruhi rasa di dalam kemasan Aqua. Tapi semuanya tetap dalam jaminan mutu para ahli  FDA (Food Drug Administration) air mineral yang berasal dari air alami harus diverifikasi dalam sebuah laboratorium untuk menilai tingkat mineral dan kadar garam alami. Air mineral yang berasal dari bawah tanah harus diolah dengan proses geologis dan semua sumber air harus dilindungi secara fisik. Jadi, apakah aqua memiliki manfaat untuk kita? Dibawah ini adalah beberapa manfaat aqua yang tergolong sebagai salah satu air mineral alami.

1. Menurunkan Berat Badan

Semua air yang masuk dalam golongan air mineral sama sekali tidak memiliki kandungan kalori atau lemak. Dan ini tidak seperti jenis air minum dalam kemasan lain yang sudah dikombinasi dengan beberapa rasa dan bahan tambahan. Jika Anda ingin menjalankan program diet maka minum aqua dan tidak mengkonsumsi jenis minuman lain yang mengandung kalori, maka cara ini sangat efektif. Anda bisa merasa lebih sehat dan segar dengan minum aqua saja dan mengurangi konsumsi air yang mengandung gula atau bahan tambahan.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Penyakit yang berhubungan dengan kesehatan tulang sangat rentan terhadap wanita, terutama wanita yang telah mengalami menopause. Hal ini biasanya disebabkan karena kekurangan asupan kalsium yang dipengaruhi oleh usia dan faktor hormon. Tulang wanita yang sudah menopause tidak mampu menyerap kalsium dengan baik sehingga tulang menjadi lebih mudah keropos. Untuk menjaga kesehatan tulang maka konsumsi aqua yang mengandung mineral kalsium alami sejak masih anak-anak. Konsumsi air aqua juga sangat sehat bila dilakukan mulai dari anak-anak hingga usia senja.

3. Mengatur Tekanan Darah

Masalah tekanan darah menjadi salah satu hal yang penting dalam dunia kesehatan. tekanan darah tinggi menyebabkan tubuh memiliki potensi beberapa penyakit lain seperti serangan jantung, diabetes, dan serangan stroke. Sementara tekanan darah rendah memiliki potensi anemia dan semua hal yang menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah. Aqua termasuk dalam salah satu sumber air mineral alami yang mengandung magnesium alami. Kandungan magnesium bisa membantu tubuh dalam mengatur tekanan darah, baik untuk darah tinggi maupun darah rendah.

4. Mengatur Kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL memang menjadi ancaman kesehatan yang serius. Kolesterol ini bisa menyebabkan tubuh mengalami resiko masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke, diabetes dan masalah lain. Air mineral yang mengandung magnesium dan kalium sangat penting untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu sumber air mineral ini berpotensi untuk membantu menjaga kesehatan jantung sehingga tubuh lebih sehat.

5. Mendukung Sistem Otot

Otot memiliki peran yang sangat besar untuk tubuh. Otot menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjadi tempat penyimpanan energi. Selain menjaga asupan yang penting untuk otot, maka otot tubuh harus bisa merubah kondisi dengan beberapa perubahan seperti gerakan dan rileks. Air mineral membantu menjaga kondisi otot agar stabil. Selain itu cairan dari air mineral yang mengandung magnesium juga bisa menjaga otot tubuh dari kelelahan.

6. Membantu Kebutuhan Elektrolit Tubuh

Salah satu hal yang sangat penting dari fungsi cairan tubuh adalah menjaga agar kondisi elektrolit dalam tubuh tetap stabil. Beberapa jenis elektrolit yang ditemukan dalam air mineral adalah seperti klorida, natrium dan kalium. Air mineral bisa menjadi sumber elektrolit sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih segar.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu dukungan penting dalam pencernaan tubuh adalah fungsi pankreas yang membuat proses pengolahan makanan dalam tubuh berjalan dengan baik. Beberapa jenis enzim yang dihasilkan dari pankreas seperti protease, lipase dan amylase juga berperan untuk membantu proses pencernaan. Air mineral seperti aqua bisa menjadi sumber sulfat yang mendukung sistem pencernaan tubuh. Kondisi tubuh yang kekurangan air mineral bisa menyebabkan diare, perut kembung dan sembelit. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan sulfat.

8. Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu jenis gangguan penyakit yang bisa terjadi pada ginjal adalah masalah batu ginjal. Kondisi ini disebabkan karena ginjal memiliki banyak kandungan kalsium oksalat. Minum air mineral seperti aqua secara teratur maka bisa menurunkan kadar kalsium oksalat dalam ginjal. Secara umum air mineral bisa menurunkan resiki penyakit ginjal dan juga masalah tingginya kadar asam dalam otot tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Minum air mineral dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu tubuh dalam merawat kulit. Kekurangan air mineral biasanya akan terlihat dari kondisi kulit dan kusam dan tampak keriput. Air mineral mengandung bahan siliki yang bisa memperlambat perubahan kondisi kulit karena faktor usia. Selain itu bahan ini juga penting untuk memperkuat lapisan kolagen yang lebih lembut.

10. Membantu Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Air mineral seperti aqua juga penting untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Racun yang berasal dari makanan dan minuman bisa menjadi penyakit yang berbahaya. Minum aqua membuat tubuh memiliki cukup air untuk melarutkan semua racun dalam tubuh lewat urin dan keringat. Minum aqua setelah bangun tidur sangat disarankan karena bisa membantu membuang racun dalam tubuh secara efektif.

11. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Manfaat aqua ternyata juga dapat meningkatkan daya konsentrasi saat menjalankan aktivitas. Kekurangan air mineral ternyata juga memberikan efek yang sangat besar untuk memori atau ingatan otak. Air mineral membantu tubuh mendapatkan keseimbangan dari faktor eletrolit untuk tubuh dan sumber cairan yang digunakan untuk metabolisme. Air mineral yang cukup bisa membentuk konsentrasi dan daya pikir yang lebih baik karena air membantu pelepasan neurotoxin aluminum.

Mengapa Memilih Aqua?

Aqua ternyata memiliki berbagai manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Air mineral dari sumber alami pegunungan tidak hanya menghilangkan rasa haus tapi juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan membantu meningkatkan konsentrasi otak. Berikut ini adalah alasan, mengapa aqua memang bermanfaat untuk tubuh.

Aqua tidak mengandung natrium atau garam. air alami yang diambil dengan kekayaan sumber mineral sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak, orang dewasa hingga orang lanjut usia. Bahkan semua kandungan aqua juga tidak menyebabkan masalah pada tekanan darah yang biasanya disebabkan karena tingginya kadar garam dalam air mineral.
Konsumsi aqua selama kehamilan bisa membantu tubuh dalam mencukupi kebutuhan mineral dan air. Air mineral ini sangat aman dikonsumsi ibu hamil dan sama sekali tidak menimbulkan efek samping.
Konsumsi aqua juga bisa mengurangi konsumsi minuman bersoda dan berbagai jenis minuman yang mengandung bahan tambahan. Secara umum aqua bisa membuat tubuh menjadi lebih segar.
Sumber dari sini



Jadi gak usah nunggu haus untuk minum AQUA. karena 70 persen tubuh kita membutuhkan cairan yang hanya bisa di suplay dengan minum yang sehat.


yuk kita intip tentang rumus 2-4-2  dari Aqua biar terhindari dehidrasi




ini tentang kualitas AQUA






0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di Rumah Nayma

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda